Piranti pengangkat untuk kemasan


Piranti pengangkat untuk kemasan



a.       Perkembangan sebelumnya
Masalah
Suatu saklar jarak BO pada suatu pengindderaan ban berjalan baik apakah suatu kemasan itu ada ataukah tidak. Dengan demikian, kemasan ini diangkat oleh suatu silinder Pneumatik A (silinder pengangkat) dan kemudian didorong dengan silinder pendorong B pada suatu ban berjalan lainnya. Kemudian silinder A akan mundur diikuti oleh silinder B. silinder tersebut akan maju dan mundur oleh karenan katup solenoid Y1 dan Y2, posisi dari silinder ini dapat diinderai oleh saklar batas B1-B4, yang terletak masing-masing pada akhir silinder maju dan mundur. Pada sisi masukan kemasan akan terbagi sebelumnya dengan cara sedemikian rupa sehingga mereka sampai satu demi satu ke piranti pengangkat tersebut.



Diagram sirkuit
5 masukan : saklar proksimiti B0, saklar batas B1-B4
2 keluaran : katup solenoid Y1, Y2


b.       Daftar alokasi
Suatu tabel kebenaran tidak akan digunakan untuk pelatihan ini. Tabel ini akan mempunyai kekurangan klarifikasi (karena bersifat terlalu rumit) dan tidak membantu dalam menciptakan kontrol urutan.
c.       Program
Suatu kontrol urutan yang bergantung pada proses digunakan untuk tugas ini, yakni hanya berdasarkan penerimaan sinyal khusus dari instalasi yang merupakan dimulainya langkah berikutnya. Program kontrol gerakan berurutan ini terbagi sebagai berikut :
Langkah 1 : mengangkat kemasan (dengan silinder pengangkat)
Langkah 2 : mendorong ke depan kemasan tersebut (dengan silinder pendorong)
Langkah 3 : menurunkan silinder pengangkat
Langkah 4 : memundurkan silinder pendorong


Maka, program tersebut akan mulai lagi dari langkah 1, ketika saklar proksimiti memberikan sinyal datangnya kemasan berikutnya pada ban berjalan tersebut (konveyor belt).

Bidang langkah (kotak) FCH dirancang sesuai dengan langkah-langkah individual : bunyi dari perintah diringkas dalam area pengindentifikasi perintah. Lompat balik berati program gerakan berurutan dapat diulangi kembali ketika langkah ke 4 telah selesai.


Pada program ladder, 4 flag langkah digunakan (bagian kontrol); kedua keluaran dipicu di bagian catu daya.








Daftar pustaka
Omron
Festo
Buku Otomasi PLC, Teknik Mesin UMY
Modul Praktikum Otomasi PLC, Teknik Mesin UMY 







Komentar