Aplikasi Pengisian dan Penguras Tangki Air


Aplikasi Pengisian dan Penguras Tangki Air





Plc digunakan untuk aplikasi pengendali pengisian dan pengurasan tangki air atau bahan cair menggunakan dua sensor batas atas dan batas bawah serta dua kran, satu untuk mengisi dan satunya untuk menguras dengan ketentuan sebagai berikut :
1.       Saat tombol START ditekan, kran KRAN_ISI mulai membuka dan cairan mulai mengalir mengisi bak pengaduk. Pada saat yang bersamaan motor PENGADUK mulai dijalankan.
2.       Jika air mencapai sensor bawah S_BAWAH dan sensor atau S_ATAS, maka kran KRAN_ISI akan ditutup dan motor PENGADUK dihentikan
3.       Selanjutnya, KRAN_KURAS dibuka dan mulailah proses pengurasan cairan, jika cairan telah mencapai sensor bawah S_BAWAH, maka kran KRAN_KURAS ditutup
4.       Jika proses 1 sampai 3 telah dilakukan sebanyak 4 kali, maka aka dinyalakan lampu indikator SELESAI dan proses tersebut tidak akan bisa dijalankan lagi walaupun ditekan tombol START  kecuali di RESET dulu


Alokasi keluaran dan Masukan

Diagram Tangga





Tentang fungsi DIFU(13)
Fungsi DIFU(13) atau differentiate Up digunakan untuk membuat suatu bit data 1 ON untuk satu siklus eksekusi saja pada saat kondisi eksekusi yang memicu nya berubah kondisinya dari OFF ke ON (aktif tinggi UP).

Setelah ON hanya satu siklus saja, maka kondisi eksekusi dari bit yang bersangkutan akan OFF terus untuk siklus berikutnya hingga terjadi pemicuan kondisi eksekusi dari OFF ke ON.
Tentang fungsi DIFD(14)
Berbeda dengan fungsi DIFU(13) yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi DIFD(14) atau Differentiate Dwon ini juga akan membuat sebuah bit data 1 akan ON hanya satu siklus saja, hanya saja pemicuannya bukan dari OFF ke ON tetapi dari ON ke OFF (aktif rendah -DWON).

Keterangan Diagram Tangga

Ketika tombol START diaktifkan (ON), maka akan langsung menghidupkan kran pengisian KRAN_ISI dengan syarat BUZZER belum dibunyikan (OFF), proses belum selesai (SELESAI=OFF), air belum penuh(AIR_PENUH = OFF) dan belum di STOP (STOP = OFF), sehingga semua kondisi eksekusi tersebut di AND kan, sebagaimana ditunjukan pada jaringan 1 diagram tangga. Selain itu, karena sifat START hanya sebagian tombol atau ON sesaat saja, kondisi eksekusi dari KRAN_ISI di OR kan. Sekaligus, dengan aktifnya KRAN_ISI tersebut akan mengaktifkan PENGADUK, sebagaimana ditunjukan pada jaringan 2 diagram tangga.
 Selanjutnya air mengalir terus sambil dilakukan pengadukan (KRAN_ISI dan PENGADUK semuanya ON), hingga mencapai sensor batas bawah sehingga S_BAWAH menjadi ON . perhatikan jaringan 5 diagram tangga, KRAN_ISI dan S_BAWAH sekarang ON tetapi belum mengaktifkan kran pengurasan KRAN_KURAS, karena sensor batas atas air belum aktif. Setelah beberapa saat, air mencapai permukaan batas atas, sehingga sensor yang terkait, yaitu S_ATAS, menjadi ON, dengan demikian akan mengaktifkan KRAN_KURAS
Jika sensor bawah S_BAWAH dalam kondisi ON, maka tinggal menunggu sensor atas S_ATAS berubah dari OFF menjadi ON, sehingga akan mengaktifkan status AIR_PENUH secara sesaat, hal ini bisa diperlihatkan pada jaringan 3 dan 4 diagram tangga, S_ATAS terhubungkan dengan fungsi DIFU(13), artinya dengan fungsi ini jika S_ATAS berubah dari OFF menjadi ON akan membuat bit yang menggunakan fungsi DIFU(13) akan ON sesaat saja (satu siklus eksekusi saja). Dengan demikian AIR_PENUH yang ON sesaat akan mematikan KRAN_ISI (jaringan 1) dan sekaligus mematikan PENGADUK (jaringan 2).
Air kemudian menyusut, sehingga S_ATAS menjadi OFF, sementara KRAN_KURAS masih tetap ON (jaringan 5), setelah beberapa saat air mencapai sensor bawah, sehingga S_BAWAH berubah dari ON menjadi OFF, hal ini memicu pencacah agar menurunkan nilainya (jaringan 7 dan 8) atau dengan kata lain satu proses telah selesai dilaksanakan. Akibat lainnya KRAN_KURAS akan berubah dari ON menjadi OFF atau kran pengurasan akan dimatikan (jaringan 5), sehingga membuat KRAN_ISI berubah ON lagi (jaringan 1) dan proses dimulai lagi dari awal, demikian seterusnya hingga sampai 4 kali (sesuai konstanta pada pencacah CNT047)
Jika 4 kali proses sudah dilaksanakan, maka indikator SELESAI akan diaktifkan (jaringan 9) dan BUZZER akan berbunyi selama 2 detik (jaringan 10). Proses tidak dapat dimulai lagi sebelum di RESET, yang akan mereset isi pencacah (kembali ke nilai 4) dan otomatis jaringan 1 menjadi tersambung lagi (perhatikan penempatan kondisi eksekusi  pada jaringan 1 tersebut)





Daftar pustaka
Omron
Festo
Buku Otomasi PLC, Teknik Mesin UMY
Modul Praktikum Otomasi PLC, Teknik Mesin UMY 


Komentar