Aplikasi Kontrol Parkir Mobil


Aplikasi Kontrol Parkir Mobil


Ini merupakan aplikasi sistem kontrol parkir mobil yang sederhana. Tempat parkir mobil ini hanya bisa menampung 50 mobil saja. Setiap kali ada mobil masuk ketempat parkir, maka jumlah mobil akan bertambah 1. Demikian juga setiap ada mobil keluar dari tempat parkir, jumlah mobil akan berkurang 1.

Hal tersebut dilakukan secara otomatis. Jika jumlah mobil di tempat parkir sudah mencapai 50 mobil, sesuai dengan kapasitas tempat parkir mobil tersebut, maka akan ditampilkan indikator bahwa parkir penuh. Sehingga mobil berikutnya yang akan parkir diharapkan tidak masuk untuk parkir atau pemilik mobil yang bersangkutan menetahui bahwa tempat parkir sudah penuh, seningga bisa mencari tempat parkir lainnya.

Alokasi Keluaran dan Masukan




DiagramTangga





Keterangan Diagram Tangga
Setiap kali ada mobil masuk akan mengaktifkan sensor mobil masuk S_MASUK dan memicu status MASUK dengan ON sesaat, karena digunakan fungsi DIFU, untuk mendeteksi perubahan dai OFF menjadi ON, sebagaimana ditunjukkan pada jaringan 1 diagram tangga. MASUK , walaupun ON hanya sesaat atau satu siklus saja, akan memicu terjadinya penambahan jumlah mobil pada memori HR00 sebanyak 1, sekaligus me Nol kan CARRY (jaringan 2). Penggunaan HR00 dimaksudkan jika terjadi listrik mati, jumlah mobil tetap tersimpan dengan baik.
Demikian sebaliknya, setiap kali terdeteksi ada mobil yang keluar dari tempat parkir, makaakan memicu, S_KELUAR sesaat (ON satu siklus saja) dan otomatis akan mengakibatkan proses pengurangan jumlah mobil pada memori HR00, sebagaimana ditunjukan pada jaringan 3 dan 4 diagram tangga)

Memori lokasi 253.13 digunakan untuk mengaktifkan perbandingan isi HR00 dengan nilai 50 terus menerus. Dalam hal ini 253.13 isinya selalu ON selama PLC dihidupkan alias System Normally ON Flag, sebagaimana ditunjukan pada jaringan 5 diagram tangga, dan perbandingannya dilakukan dengan fungsi CMP(20), jika nilainya lebih besar (periksa status memori 255.05 GREATER_THAN) atau sama dengan (periksa status memori 255.06 EQUAL) 50, maka indikator PENUH akan hidup.  


Daftar pustaka
Omron
Festo
Buku Otomasi PLC, Teknik Mesin UMY
Modul Praktikum Otomasi PLC, Teknik Mesin UMY 

















Komentar